Friday 20 November 2015

Struktur Perulangan pada Visual Basic


1. Struktur For – Next
Struktur For-Next digunakan untuk mengulang blok perintah dalam jumlah yang sudah ditentukan. Pada struktur ini tidak perlu menuliskan kondisi yang akan diuji tetapi hanya perlu menuliskan nilai awal dan akhir variabel penghitung. Nilai variabel penghitung ini akan secara otomatis bertambah atau berkurang setiap kali suatu pengulangan dikerjakan. Bentuk penulisan dari struktur For-Next sebagai berikut:

For var = awal to akhir step pertambahan
.......... ekspresi .........
Next

Keterangan :
 var
Nama variabel integer yang digunakan untuk melakukan proses pengulangan.

 awal
Nilai suatu variabel integer untuk menentukan harga awal suatu perulangan

 akhir
Nilai suatu variabel integer untuk menentukan harga akhir suatu perulangan

pertambahan
Besarnya nilai perubahan dari awal sampai nilai akhir. Jika pengulangannya menurun yaitu dari nilai yang besar menuju nilai yang kecil, maka nilai pertambahannya harus negatif.

ekspresi
Suatu blok perintah yang akan dikerjakan jika kondisi dari proses pengulangan memenuhi syarat.


2. Struktur Do While – Loop

Struktur Do While – Loop digunakan untuk melakukan perulangan terus menerus selama kondisi memenuhi syarat (bernilai true). Pengulangan ini akan berhenti jika kondisinya tidak memenuhi syarat (bernilai false).

Bentuk penulisan dari struktur Do While – Loop sebagai berikut :
Do while (kondisi)
...... ekspresi .....
Loop

3. Struktur Do Until – Loop
Struktur Do Until – Loop digunakan untuk melakukan pengulangan terus menerus selama kondisi tidak memenuhi syarat (bernilai false). Pengulanagan ini akan berhenti jika kondisinya memenuhi syarat (bernilai true). Bentuk penulisan dari struktur Do Until – Loop sebagai berikut :
Do Until (kondisi)
..... ekspresi .....
Loop

4. Struktur While – End While

Struktur While – End While digunakan untuk melakukan pengulangan terus menerus selama kondisi memenuhi syarat (bernilai true). Pengulangan ini akan berhenti jika kondisinya tidak memenuhi syarat (bernilai false). Bentuk penulisan dari struktur While – End While sebagai berikut :
While (kondisi)
..... ekspresi ....
End While


EmoticonEmoticon