Friday 20 November 2015

Struktur Dasar Pemrograman Java


Struktur Dasar Pemrograman Java - Sebelum membuat sebuah program ada baiknya anda memahami tentang struktur dasar pada pemrograman java.

Komentar
Komentar hanya dipakai sebagai catatan supaya tidak lupa dengan apa yang telah dikerjakan diprogram tersebut. Jika komentar hanya 1 baris maka penulisan nya cukup memberikan tanda // di depan komentar. Tetapi jika lebih dari 1 baris maka harus memberikan tanda /* didepan komentar dan tanda */ di belakang komentar.

Contoh :
// komentar untuk 1 baris
/* komentar untuk lebih
dari satu baris */

Kata Kunci (Keyword)
Kata kunci (keyword) adalah kata – kata khusus dalam java yang digunakan untuk pemrograman. Berikut adalah keyword yang digunakan dalam bahasa pemrograman java :
Keyword
Modifier
Java menggunakan beberapa kata khusus tertentu yang disebut modifier yang berfungsi untuk menetapkan properti dari data, method atau class dan bagaimana menggunakannya.Contoh dari kata khusus yang merupakan modifier adalah public, static, private, final, abstack, protected. Sebuah variabel atau class atau method yang memiliki modifier public berarti dapat diakses oleh class yang lainnya. Sedangkan bila modifiernya private, maka tidak dapat diakses oleh class lainnya, hanya class yang mendifinisikannya.

Block
Tanda brace (kurung kurawal) di dalam program yang membentuk sekelompok (satu  blok) perintah atau komponen lain dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.

Public class HalloJava { //awal block class
    Public static void main(String[] args) { //awal block method
          System.out.println(“Hallo World”);
     } //akhir dari blok method
} //akhir dari blok class

Class
Dalam java, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class. Contoh kelas adalah sebagai berikut :


Class Manusia {
   String nama;
}

Pada kode diatas, kelas yang telah dibuat adalah kelas Manusia. Dan nama merupakan  atribut yang dimiliki kelas Manusia tersebut.

Metode
Dalam java terdapat dua metode
1. Fungsi, merupakan metode yang memiliki nilai balik jika metode tersebut  dipanggil, cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan cara menetukan nilai baliknya, lalu membuat nama metodenya.
2. Prosedur, merupakan metode yang tidak memiliki nilai balik, cara pembuatan prosedur sama dengan fungsi namun bedanya nilai baliknya menggunakan kata kunci void.


EmoticonEmoticon