Friday 20 November 2015

Perulangan dalam Pemrograman Java


Perulangan dalam Pemrograman Java - Loop atau perulangan sangat diperlukan untuk melakukan serangkaian perintah berulang – ulang untuk memenuhi tujuan tertentu yang merupakan bagian dari pencapaian tujuan pemrograman yang dikerjakan. Tiap perulangan memiliki sebuah kondisi yang akan dievaluasi oleh perintah – perintah loop untuk memutuskan apakah perulangan akan dilanjutkan atau tidak.

1. Perulangan While
Pernyataan while berguna untuk melakukan proses perulangan untuk sebuah kondisi, selama kondisi tersebut bernilai benar (true), maka perulangan akan terus berjalan dan terhenti ketika kondisi bernilai salah (false). Bentuk pernyataan while seperti berikut :
while(kondisi) {
//isi instruksi
}
Contoh :
Int jumlah = 1;
while(jumlah <= 10) {
System.out.println(jumlah);
jumlah ++; //menaikan jumlah
}
Hasil :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

2. Perulangan do-while
Perulangan do-while merupakan perulangan yang hampir mirip dengan perulangan while, namun perbedaannya pada perulangan do-while minimal instruksi akan dijalankan sekali. Bentuk pernyataan do-while sebagai berikut :
do {
//instruksi
} while (kondisi);
Contoh :
int jumlah = 100;
do {
System.out.println(jumlah);
jumlah ++; //menaikan jumlah
}
while (jumlah <= 10);
Jika program tersebut dijalankan maka akan menghasilakan keluaran 100, artinya walaupun kondisi salah, namun minimal isi instruksi akan dijalankan sekali, hal ini dikarenakan proses do-while berbeda dengan while. Dimana do while pertama melakukan instruksi baru mengecek kondisi, sedangakan while pertama mengecek kondisi baru melakukan instruksi.

3. Perulangan for
Perulangan for merupakan perulangan yang memiliki variabel untuk melakukan pengkondisian, berbeda dengan do-while dan while yang kita membuat sebuah variabel diluar untuk melakukan pengkondisian, dan perulangan for ditempatkan sebuah blok untuk membuat variabel dan melakukan proses pengkondisian. Betuk pernyataan for seperti berikut :
for (inisialisasi; kondisi; penaikan/penuruna) {
instruksi
}
Contoh :
For (int i=1; i<=20; i++){
System.out.println(i);
}


EmoticonEmoticon